Selasa, 12 Maret 2019

Tips Memulai Jasa Print Kain Kamu Harus Tahu

Salah satu bisnis mandiri yang kini makin banyak digandrungi para pebisnis muda adalah bisnis printing kain. Memang tidak mudah untuk memulai bisnis tersebut, karena bisnis ini memerlukan modal awal yang bisa dibilang lumayan besar. Persiapan yang matang serta pengetahuan yang mumpuni bisa menjadi bekal anda untuk bisa menjalankan bisnis printing kain ke depannya. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuka jasa print kain.

Beberapa Tips Membuka Jasa Print Kain Yang Perlu Kita Ketahui
1. Mempersiapkan Modal
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak membuka bisnis jasa print kain adalah dengan mempersiapkan serta merencanakan modal awal. Kalian bisa berkonsultasi kepada rekan-rekan sekitar yang memiliki usaha serupa, kalian bisa mengambil ilmu serta merencanakan alokasi dana secara tepat. Atau kalian juga bisa melakukan kegiatan magang sebagai karyawan percetakan kain dalam beberapa bulan, secara langsung kalian akan mengetahui beberapa hal yang harus dipersiapkan. Intinya, cari semua pengetahuan mengenai percetakan kain, dengan begitu kalian bisa dengan mudah mengalokasikan modal yang ada secara lebih efisien.

2. Pemilihan Lokasi
Setelah modal dan rencana awal sudah dilakukan, maka tahapan selanjutnya ialah mencari lokasi pemasaran yang strategis. Pemilihan lokasi pemasaran tentunya menentukan prospek usaha print kain ke depannya. Wilayah seperti perkantoran, perkuliahan, sekolahan dan badan pelaksana bisa menjadi sasaran utama untuk dijadikan lokasi pemasaran. Cari lokasi yang dekat dengan sasaran konsumen yang kemungkinan besar membutuhkan cetak kain, seperti kebutuhan seragam, kaos komunitas dan lain-lain. Jika sudah ditemukan lokasi seperti yang disebutkan, maka sudah dipastikan, usaha tersebut bisa berjalan dengan prospek yang menguntungkan ke depannya.

3. Pemilihan Alat dan Bahan Printing
Perencanaan modal yang sudah dibuat sebelumnya, haruslah meliputi alat-alat printing dan juga bahan kain yang akan digunakan. Pemilihannya pun tidak sembarangan, usahakan untuk memilih mesin printing yang baru dan juga bahan kain yang beraneka ragam. Selain itu pemilihan tinta yang berkualitas juga sangat penting, agar hasil printing gambar bisa melekat dengan sempurna ke permukaan kain. Kalian juag wajib mengadakan perlengkapan operasional lainnya seperti mesin press, mesin pemotong, mesin jahit, etalase, benang, kertas, komputer dan lain-lain dengan tepat. Ingat, alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan usahakan memiliki kualitas yang baik, agar hasil cetak nantinya juga berkualitas dan akhirnya banyak konsumen yang mempercayai tempat usaha kalian.

4. Penggunaan Tegangan Listrik
Satu hal lagi yang patut diperhatikan ketika hendak membuka bisnis cetak kain adalah memperhitungkan tegangan listrik yang digunakan. Seperti yang diketahui, bahwa mesin-mesin yang digunakan pada bisnis cetak kain membutuhkan tegangan listrik yang tak sedikit. Oleh karenanya, pembiayaan listrik sudah harus direncanakan pada awal permodalan. Sehingga anda bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya untuk membiayai kebutuhan listrik. Pastikan tempat perusahaan anda menggunakan tegangan listrik yang tinggi sehingga terhindar dari listrik turun yang sangat mengganggu proses pencetakan.

Demikian beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk anda yang tertarik untuk membuka bisnis print kain. Perlu kesiapan secara finansial dan mental untuk melakukan kegiatan wirausaha, supaya bisnis bisa berjalan secara optimal. Ketika bisnis yang anda kelola kemudian berhasil dijalankan, maka akan banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain itu juga kegiatan promosi usaha anda juga perlu dioptimalkan agar banyak lapisan masyarakat yang mengetahui bisnis printing anda.