Senin, 28 Januari 2019

Rumah vs Apartemen? Inilah Pertimbangan yang bisa Anda Lakukan

Gaya hidup di kota besar saat ini sudah menuntut tempat tinggal yang lebih praktis, khususnya menuju ke tempat kerja. Untuk mendapatkan rumah yang dekat dengan kantor, rasanya sudah tidak memungkinkan saat ini. Terlebih dengan keterbatasan lahan di daerah perkotaan yang terus dipenuhi oleh banyak orang dan bangunan. Situasi tersebut ditangkap oleh pengusaha properti sebagai peluang bisnis. Mereka kemudian mulai menawarkan apartemen sebagai solusi tempat tinggal masa kini. Sehingga anda menjadi bingung harus memilih Rumah vs Apartemen.

Berikut merupakan beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangan saat akan memilih Rumah vs Apartemen.
1. Pahami Status Hak Milik
Status hak milik Rumah vs Apartemen yang akan anda beli tentunya perlu diketahui sebelum anda putuskan untuk membeli. Jika anda membeli rumah tapak maka artinya anda memiliki rumah dan tanahnya sekaligus. Sementara jika membeli apartemen, berarti Anda hanya memiliki ruangan di dalamnya. Paling tidak Anda bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan untuk digunakan secara bersama-sama dengan penghuni lainnya. Istilah yang sering diguakan adalah kepemilikan bersama (strata title).

2. Proses dan Biaya Pemeliharaan
Jika memutuskan untuk membeli rumah berarti Anda bertanggung jawab untuk semua perawatannya. Hal itu berarti anda harus menyiapkan biaya perawatan. Sementara jika anda membeli apartemen, maka pengelola yang bertanggung jawab untuk pemeliharaannya. Besarnya biaya yang harus dikeluarkan juga tergantung dengan kebijakan pengelola apartemen tersebut.

3. Fitur Komunitas Apartemen Lebih Tertata dengan Rapi
Jika masih bingung memilih Rumah vs Apartemen maka saat anda membeli dan tinggal di apartemen bisa mendapatkan kelebihan dalam fitur komunitas. Fitur yang dimaksud di sini seperti lapangan tenis, kolam renang, serta berbagai fasilitas berbasis masyarakat lainnya yang menjadi lebih mudah digunakan dan dipelihara. Sementara jika membeli rumah tradisional, maka fitur tersebut tidak akan dapatkan dan harus mengeluarkan biaya yang mahal jika ingin melakukan pembangunan.

Setiap iklan apartemen tentunya selalu ditampilkan dengan menggunakan bahasa dan tampilan yang memukau. Itu karena sebenarnya masih banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk membeli rumah. Namun Rumah vs Apartemen  tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri yang harus anda pertimbangkan. Karenanya anda harus bijak menentukan pilihan dan perhitungkan dengan matang sebelum memutuskan.